Senin, 27 September 2010

organisasi

Dalam berorganisasi untuk memutuskan sesuatu dilakukan dengan kesepakatan bersama dengan cara musyawarah. Para anggota berhak mengemukakan pendapat mereka, dari pendapat anggota akan dimusyawarahkan dan diambil keputusan terbaik dengan kesepakatan bersama. Karena tujuan diadakannya musyawarah adalah untuk mencapai kata mufakat dari seluruh anggota dari organisasi, dan menghindari perselisihan pendapat antar para anggota.
Organisasi dipimpin oleh ketua organisasi dan dibantu oleh wakil ketua organisasi. Contoh organisasi kecil dapat kita lihat dari keluarga, seorang ayah yang berperan sebagai kepala keluarga adalah sebagai ketua dari organisasi. Ibu berperan sebagai wakil dari ketua organisasi. Anak-anak serta anggota keluarga yang lain berperan sebagai anggota organisasi. Dalam keluarga juga dibutuhkan musyawarah untuk mengambil keputusan bersama, seluruh anggota berhak untuk memberikan pendapat.
Contoh organisasi yang lebih luas adalah OSIS ( Organisasi Siswa Intra Sekolah) dalam OSIS tidak hanya  terdapat ketua dan wakil saja, tapi juga terdapat sekretaris, bendahara serta seksi bidang yang berhubungan. OSIS ditujukan sebagai penyampai aspirasi dari seluruh siswa ke sekolah, dan sebagai sarana informasi dari sekolah kepada siswa serta sebaliknya.  Pada intinya organisasi sebagai wadah penyampaian pendapat  dan wadah kerja sama antar anggota yang saling gotong royong dan berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar